Sun, 26 Jan 2020
    UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURAKARTA
Jl. Dr. Wahidin 05/VI Surakarta 57141 Telp./Fax. : (0271) 717954 email : unusurakarta@yahoo.com
  E-JURNAL
 
DAFTAR JURNAL
  Volume 14
    Nomor 38
     
PENGILMUAN METODOLOGI KEPENDIDIKAN ISLAM
Penulis : Hj. Lilis Patimah, 2017-07-27, ISSN : 1693-7201, 18 Hal
Mendiskusikan persoalan kependidikanIslam di Indonesia tidak terlepas dari serangkaian referensi yang telah mendeskripsikan perjalanan dan proses historis yang terjadi. Fenomena kependidikan Islam masih sering diasumsikan tidak dibangun di atas basis epistemologi yang kuat. Sehingga menyisakan kontroversi dan silang pendapat di kalangan para ahli pendidikan. Oleh karena itu tulisan ini berupaya mendedahkan ulang problematika yang ada untuk kemudian melahirkan formulasi baru yang relefan. Dalam pengertian proses, paling tidak buku karya Martin Van Bruinessen yang berjudul Kitab Kuning dapat mewakili pembahasan periode kependidikan Islam dalamlembaga pesantren dan tarekat. Karya ini secara retrospektif menyajikan data historis proyeksi pendidikan Islam di Indonesia pada masa awal, berikut metodologi kependidikan yang berlaku didalamnya, yang menurut penulis kongruen dengan periode-periode mitos didalam pola transformasikebudayaan menurut Kuntowijoyo. Selanjutnya hasil penelitian Karel A. Steenbrink tentang Pesanren, Madrasah, dan Sekolah didalam kurun sejarah modern di Indonesia. Karya ini menggambarkan salah satu pergolakan Islam di Indonesia didalam konteks kependidikan dan kebudayaan dalam hal ini karya ini kongruen dengan periode ideologi menurut Kutowijoyo. Terakhir, dalam perspektif kekinian, buku yang bertemakan paradigma baru pendidikan yang ditulis oleh para pakar pendidikan Islam Indonesia kontenporer ini menggambarkan upaya diskursif untuk memuluskan langkah rekonstruksi dan pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia. Apa yang ditulis oleh para pakar ini kongruen dengan gerakan pengilmuan Islam yang digagas oleh Kuntowijoyo.


Kata kunci : Pendidikan Islam, Metodolohi Pendidikan
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
PENANAMAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK–ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Penulis : Darmadji, 2017-07-27, ISSN : 1693-7201, 14 Hal
Islam regards the education of children as important, but classical Islamic literature rarely talks about the growth and education of children. moral issues have and have always received serious attention among thinkers since centuries ago. This article will describe the study of the cultivation of moral education in children in Islamic education using descriptive methods. The result is educational planting in children is all the experiences that children go through with various examples of habituation, training, recommendations and prohibitions, then given an explanation and understanding according to the level of thinking about social norms, values and morality. Then grow actions, attitudes, views, convictions, beliefs and awareness and beliefs to do something that is responsible for finally forming a conscience (noble spirituality) in children in their adult years.

Keywords: Education, Moral Education, Children

Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BMT INSAN KAMIL SURAKARTA
Penulis : Siti Zulaikhah, 2017-07-27, ISSN : 1693-7201, 12 Hal
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT Insan Kamil Surakarta tahun 2013-2015 dengan menggunakan Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas dan Rasio Rentabilitas. Dalam penelitian ini memiliki hipotesis diduga kinerja keuangan pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT Insan Kamil ditinjau dari segi Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas dan Rasio Rentabilitas sudah baik. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang berupa dokumentasi atau catatan yang berhubungan dengan obyek penelitian yang berupa Laporan Keuangan Neraca dan Laporan Keuangan Laba /Rugi. Dari hasil penelitian ini adalah analisis kinerja keuangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT Insan Kamil dinilai dari Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Aktivitas adalah tidak baik, sedangkan untuk Rasio Rentabilitas yang menunjukkan kinerja keuangan yang cukup baik. Jadi, secara keseluruhan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis kinerja keuangan tersebut menunjukkan bahwa Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT Insan Kamil Surakarta mempunyai kinerja keuangan yang tidak baik.


Kata Kunci : Koperasi, Kinerja Keuangan Koperasi, Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Rentabilitas.
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KONVEKSI IV PT. DAN LIRIS DI SUKOHARJO
Penulis : Adhista Setyarini, 2017-07-27, ISSN : 1693-7201, 18 Hal
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Dan Liris (Konveksi IV) di Sukoharjo. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik random sampling, Jenis data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari jawaban responden yang berupa pengisian kuisioner dan wawancara dari karyawan PT. Dan Liris (Konveksi IV). Sebanyak 100 responden yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Untuk metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan persamaan kuadrat terkeci ldan uji hipotesis menggunakan t-statistik serta uji kelayakan model dengan menggunakan F-statistik dengan tingkat signifikansi 5 %.

Dari hasil penelitian di ketahui bahwa motivasi dan disiplin kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Disiplin kerja merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan ditunjukan dengan hasil uji t sebesar 4,882. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan ditunjukan dengan hasil uji t sebesar 3,293. Variasi kinerja karyawan yang dijelaskan motivasi dan disiplin kerja sebesar 75,8% sedang sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lainya.


Kata kunci : motivasi, disiplin kerja, kinerja karyawan
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
PRAGMATISME DALAM PENDIDIKAN AKHLAK
Penulis : Ali Hamidi, 2017-07-27, ISSN : 1693-7201, 16 Hal
Islam emphasizes the importance of educational activities. In general, the presence of education is expected to change and complete the order in various aspects of life. Education in Islam has a wide variety of very fundamental footing. Al-Quran and al-Hadits is a strong argument as the foundation of education in Islam. As time, various kinds of arguments as the basis of education appear. One of them is the foundation of philosophical reason and a wide range of understanding. It is influential in Islamic education.
The essence of Islamic education that will be discussed in this article are priority objectives in it that moral education. Definition of moral education is a process that leads to the goal, then in the venture will require different methods of moral education.
The emergence of philosophical understanding affect the implementation of the method in moral education. Philosophy offers a wide variety of forms of understanding about the things that affect a human being. One is the ideology of pragmatism that is, when the truth is recognized if what was done practically capable of resulting in benefits.This article tries to explain how pragmatism in Islamic education methods, especially in moral education.


Kata Kunci : Islam, pragmatism, education, character, method
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
EKSISTENSI BAHASA ARAB ANTARA REALITA DAN HARAPAN
Penulis : Mamun Efendi Nur, 2017-07-27, ISSN : 1693-7201, 10 Hal
Keberadaan bangsa Arab dari yang lainnya akibat dua faktor, faktor Agama (Islam) yang memperhatikan toleransi dan faktor bahasa Arab sebagai bahasa persatuan nasionalis mereka. Sejak bangsa Arab menetapkan di berbagai negeri dan wilayah yang dikuasainya, mereka senantiasa menyebarkan bahasa Arab sebagai bahasa yang formal digunakan al-Qur'an. Tersebarnya bahasa Arab di wilayah-wilayah baru memberikan dampak yang amat besar terhadap tulisan, logat dan sastra lokal. Pada tulisan misalnya, bahasa Persia masih menggunakan tulisan Arab. Bahasa Arab pernah mengalami puncaknya pada masa dinasti Abasiyah (132H – 656H), meski rasa fanatisme/asabiyah Arab kala itu sudah berkurang karena terjadinya akulturasi dengan bangsa lain, lain halnya pada masa Bani Umayyah yang Arab sentris.
Setelah Islam masuk dan menyebar ke seluruh penjuru dunia, bersamaan dengan itu bahasa Arab dipelajari dan terjadilah pembauran, maka setidaknya terjadi pula beberapa perubahan terhadap bahasa Arab kendatipun tidak begitu prinsip. Setelah itu tersusun pula kaedah-kaedah bahasa Arab sebagai suatu disiplin ilmu seperti Nahwu dan Sharf. Pakar pertama bidang ilmu Nahwu Sharf adalah Abu Al-Aswad Al-Du’aly dari Bani Kinanah, ia menulis bidang ilmu tersebut atas dasar gagasan Ali bin Abi Thaleb ra, guna memelihara bahasa Arab dan menghindari kekeliruan dan kesalahan dalam membaca al-Qur’an dan as-Sunnah.
Pada masa pemerintahan Turki Othamny (Dinasti Ottoman) tahun 923-1213H, nasib bahasa Arab semakin mengalami kemunduran yang parah, lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan bahasa Arab ditutup, diganti dengan bahasa Turky yang akhirnya bahasa tersebut menjadi bahasa resmi negara (nasional). Namun demikian bahasa Arab masih dapat diselamatkan dengan keberadaannya Universitas Al-Azhar di Kairo Mesir, sebuah perguruan tinggi Islam tertua yang masih mewajibkan bahasa Arab dengan segala ilmunya, dan dari sana pula berdirinya Majma’ Lughah Arabiyah sebuah lembaga yang mengurusi masalah bahasa Arab semacam "Lembaga Pembinaan Bahasa Arab”.
Umumnya orientalis menyadari bahwa bahasa Arab salah satu alat yang inti untuk memahami Islam bagi semua bangsa di dunia, dan motif mendasar bagi seorang muslim mempelajari bahasa Arab adalah untuk memahami Islam melalui kandungan al-Qur’an dan as-Sunnah yang merupakan sumbernya. Usaha-usaha yang pernah dilaksanakan ulama untuk melestarikan bahasa Arab, oleh Abu El-Aswad Al-Du’aley, belau sebagai peletak pertama kaedah-kaedah bahasa Arab yang pernah diperintahkan oleh sahabat Ali bin Abi Taleb untuk menyusun itu tersebut karena banyaknya kesalahan dari umat Islam yang membaca al-Qur’an. Setelah itu dilanjutkan dan dimodifikasi oleh Al-Khaleel bin Ahmed, Sybawayh dan lainnya.


Kata Kunci : Bahasa Arab, Realita, Harapan
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

 
 

  Jenis Akun
  Pengguna
  Sandi
Copyright © UNU Surakarta