Sun, 26 Jan 2020
    UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURAKARTA
Jl. Dr. Wahidin 05/VI Surakarta 57141 Telp./Fax. : (0271) 717954 email : unusurakarta@yahoo.com
  E-JURNAL
 
DAFTAR JURNAL
  Volume 12
    Nomor 32
     
STRATEGI MENCIPTAKAN ENABLE DAN ENGANGED EMPLOYEE
Penulis : Endah Kristiani, 2015-09-22, ISSN : 1693-7201, 12 Hal
Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh keingitahuan penulis untuk menelusuri lebih dalam tentang karyawan dan keterikatannya (engagement) pada perusahaan serta bagaimana perusahaan memampukan karyawan (enable).
Pemahaman tentang enable dan engagement dan strategi yang dapat ditempuh supaya karyawan bisa bekerja semaksimal mungkin untuk perusahaan dan sebaliknya perusahaan akan memberi imbalan sepadan apa hasil yang dicapai karyawan.
Artikel ini mencoba mengungkap strategi yang bisa ditempuh perusahaan agar karyawan merasa terikat dan termampukan. Disamping itu ada contoh perusahaan yang mempunyai level effectivitas tertinggi dalam menciptakan enable dan engagement employee.

Kata Kunci: Karyawan, Enable dan Enganged Employee, Strategi
Full Text : Di sini
Selengkapnya..

     
ANALISIS TERHADAP PRAKTEK INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC) DI SEBUAH PERUSAHAAN YANG SEDANG TUMBUH DI INDONESIA (Studi Kasus pada PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia)
Penulis : Lintang Pamugar Mukti Aji, 2015-12-12, ISSN : 1693-7201, 18 Hal
Sekarang ini banyak perusahaan mulai menerapkan Integrated Marketing Communications (IMC) sebagai salah satu pengembangan promosi yang integrated. Hal ini ditandai dengan beragamnya program-program promosi yang dilakukan perusahaan Ada alasan utama menggunakan IMC, yaitu mereka lebih mengerti nilai strategis dari beragam fungsi komunikasi, dimana perusahaan dapat mengambil keuntungan dari adanya sinergi IMC yang menggabungkan beragam alat promosi.
Agar program IMC dapat berjalan dengan baik harus memenuhi tiga aspek komunikasi, yaitu : above the line (iklan, billboard, iklan di televisi, iklan di majalah, koran); below the line (aktivitas affair, pameran, promosi), dan Public Relations yang dikembangkan secara kreatif.

Kata Kunci: Integrated Marketing Communications (IMC), above the line, below the line
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
APLIKASI METODE SPUTTERING UNTUK PERLINDUNGAN TERHADAP LOGAM
Penulis : Sutrisno, 2015-12-16, ISSN : 1693-7201, 12 Hal
Pemilihan material didalam perancangan komponen mesin mutlak diperlukan. Material yang dipilah harus memenuhi beberapa syarat yang dibutuhkan misalnya: tahan korosi, kuat, tahan terhadap keausan dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Atas dasar dari berbagai keadaan tersebut maka dibutuhkan suatu teknik untuk meningkatkan kemampuan dari suatu material. Salah satu dari teknik peningkatan kualitas suatu material adalah dengan proses surface treatment (perlakuan permukaan). Salah satu metode perlakuan permukaan adalah metode sputtering.
Sputtering merupakan salah satu metode yang termasuk dalam golongan physical vapor deposition (PVD). Pada proses PVD ini suatu material diubah menjadi phase uap (vapor phase) didalam ruang vakum dan dikondensasikan pada permukaan subtract. Selain sputtering jenis-jenis PVD yang lain adalah: vacuum evaporation, gas scattering deposition dan ion implantation. Pada umumnya proses sputtering tidak memerlukan finhising lagi.
Metode sputtering telah abnyak diaplikaskan dalam berbagai bidang, antara lain: aero space, transportasi, medis, elektronika, dekoratif, energy, wear coatings, optic.

Kata kunci: surface treatment, sputtering, PVD.
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
MENYOAL PENYELESAIAN SENGKETA KLAIM ASURANSI DI INDONESIA
Penulis : Sutrisno, 2015-12-29, ISSN : 1693-7201, 14 Hal
Abstrak: Perjanjian asuransi sebagai lembaga pengalihan dan pembagian resiko mempunyai kegunaan yang positif baik bagi masayarakat, perusahaan maupun bagi pembangunan Negara.
Penyelesaian sengketa klaim asuransi di Indonesia kerap kali mengabaikan klausul arbitrase dalam polis. Padahal banyak sekali keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan penyelesaian secara arbitrase, antara lain prosedur yang mudah dan tidak berbelit, dilakukan oleh para arbiter yang ahli di bidangnya, biaya yang murah, bersifat tertutup dan rahasia, serta putusannya mengikat dan bersifat final.
Adanya Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI) diharapkan mampu memberikan suatu proses penyelesaian yang cepat serta adil dan apabila badan ini tidak mampu menyelesaikan sengketa, maka akan dibawa pada proses arbitrase.

Kata Kunci: Sengketa Klaim Asuransi, Arbitrase, Perbankan
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
FENOMENA KREDIT INVESTASI KECIL DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN EKONOMI PEDESAAN
Penulis : Muh Amin Choiri , 2015-12-29, ISSN : 1693-7201, 13 Hal
Suatu pengkajian empiris tentang KIK pertanian yang bertujuan untuk mengetahui kinerja KIK dalam perspektif pembangunan ekonomi pedesaan telah dilakukan di Jawa dan Luar Jawa pada awal tahun 2012 melalui pendekatan pemahaman pedesaan secara partisipatif menggunakan metode group interview dan individual indepth interview melibatkan pengurus dan pengguna KIK. Dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif terhadap KIK contoh yang dipilih secara sengaja, diperoleh gambaran sebagai berikut: (a) Keberadaan KIK diakui masyarakat memiliki peran strategis sebagai intermediasi aktivitas perekonomian yang selama ini tidak terjangkau jasa pelayanan lembaga perbankan umum/bank konvensional; (b) Secara faktual pelayanan KIK telah menunjukkan keberhasilan, namun keberhasilannya masih bias pada usahaČusaha ekonomi non pertanian. Skim perkreditan KIK untuk usahatani belum mendapat prioritas, hal itu ditandai oleh relatif kecilnya plafon (alokasi dana) untuk mendukung usahatani, yakni kurang dari 10 % terhadap total plafon KIK; (c) Faktor kritis dalam pengembangan KIK sektor pertanian terletak pada aspek legalitas kelembagaan, kapabilitas pengurus, dukungan seed capital, kelayakan ekonomi usaha tani, karakteristik usahatani dan bimbingan teknis nasabah/pengguna jasa layanan KIK; (d) Untuk memprakarsasi penumbuhan dan pengembangan KIK pertanian diperlukan adanya pembinaan peningkatan kapabilitas bagi SDM calon pengelola KIK, dukungan penguatan modal dan pendampingan teknis kepada nasabah pengguna kredit.

Kata Kunci: KIK, Perbankan, Usahatani, Seed capital
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
KONSEP MUDLARABAH DALAM AL-QUR AN
Penulis : DR H Muslih Abdul Karim MA, 2016-01-05, ISSN : 1693-7201, 20 Hal
Qur an merupakan tatanan sosial, hukum, keamanan, budaya dan ekonomi masyarakat. System ekonomi masyarakat yang dibentuk oleh Islam adalah system ekonomi yang adil dan mendapatkan keuntungan yang barokah tanpa ada kecurangan. Dari sanalah dasar-dasar umum yang dituangkan dalam al-Qur an menjadi landasan mengembangkan system ekonomi Islam yang sesuai dengan kondisi zaman, tempat dan backround sosio-cultural yang melingkupinya. Mudlarabah sebagai konsep ekonomi yang hidup menjadi landasan pengembangan ekonomi Islam dimana dasar pijakan utama secara normative-nya dapat diambil dari al-Qur an surat al-Muzammil (73) ayat (20).

Kata Kunci: Mudlarabah
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

 
 

  Jenis Akun
  Pengguna
  Sandi
Copyright © UNU Surakarta