Sun, 26 Jan 2020
    UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURAKARTA
Jl. Dr. Wahidin 05/VI Surakarta 57141 Telp./Fax. : (0271) 717954 email : unusurakarta@yahoo.com
  E-JURNAL
 
DAFTAR JURNAL
  Volume 11
    Nomor 30
     
PENERAPAN MODEL EUROPEAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (ECSI) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Konsumen LARISSA Surakarta)
Penulis : Adhista Setyarini, 2015-09-08, ISSN : 1693-7201, 24 Hal
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan model European Customer Satisfaction Index (ECSI) pada kepuasan dan loyalitas pelanggan. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen LARISSA yang minimal melakukan tiga kali perawatan dalam tiga bulan terakhir (Juli – September 2010) sebanyak 177 responden. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Berdasarkan pada beberapa penelitian-penelitian terdahulu maka didapat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah image mempunyai pengaruh signifikan terhadap persepsi nilai, (2) Apakah kualitas teknis mempunyai pengaruh signifikan terhadap persepsi nilai, (3) Apakah kualitas fungsional mempunyai pengaruh signifikan terhadap persepsi nilai, (4) Apakah harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap persepsi nilai, (5) Apakah persepsi nilai mempunyai pengaruh terhadap kepuasan, (6) Apakah kepuasan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen.
Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program AMOS 6. Hasil analisis menunjukan bahwa dari keenam hipotesis yang diajukan ternyata semuanya didukung.
Hasil dari penelitian diperoleh bahwa : (1) terdapat pengaruh yang positif dari Image pada persepsi nilai (β=0,234; CR=2,212;p=0,027, signifikansi p<0,05), (2) terdapat pengaruh yang positif dari kualitas teknis pada persepsi nilai (β=0,174; CR=2,003;p=0,045, signifikansi p<0,05), (3) terdapat pengaruh yang positif dari kualitas fungsional pada persepsi nilai (β=0,148; CR=2,060;p=0,039, signifikansi p<0,05), (4) terdapat pengaruh yang positif dari harga pada persepsi nilai (β=0,351; CR=2,098;p=0,036, signifikansi p<0,05), (5) bahwa terdapat pengaruh yang positif dari persepsi nilai pada kepuasan (β=0,309; CR=2,779;p=0,005, signifikansi p<0,05), (6) terdapat pengaruh yang positif dari kepuasan pada loyalitas (β=0,524; CR=5,196;p=0,000, signifikansi p<0,05). maka saran yang dapat diberikan adalah dalam usaha peningkatan loyalitas konsumen, perusahaan harus dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

Kata kunci: image, kualitas teknis, kualitas fungsional, harga, kepuasan, loyalitas.
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
CONTEMPT OF COURT Suatu Kajian Melalui Model Pendekatan Tradisional
Penulis : Soekamto, 2015-09-09, ISSN : 1693-7201, 9 Hal
Kriminalisasi contempt of court, dan relevansi beberapa rumusan pasal tertentu KUHP terhadap contempt of court adalah dua di antara sekian banyak hal yang menarik untuk dikaji. Kajian melalui model pendekatan tradisional yang bersifat deskriptif-normatif layak dicobakan untuk dipergunakan.
Asas legalitas menyatakan “ tiada suatu perbuatan dapat dipidana, kecuali atas kekuatan aturan pidana dalam perundang-undangan yang telah ada, sebelum perbuatan dilakukan”. Persyaratan yang harus dipenuhi agar contempt of court dapat dipidana menurut ilmu pengetahuan hukum (pidana), harus mengandung unsur-unsur tindak pidana ; (1) perbuatan atau tidak berbuat menurut keharusan, (2) memenuhi rumusan delik dalam undang-undang dan (3) bersifat melawan hukum.
Pemidanaan terhadap contempt of court tidak cukup bahwa seseorang telah melakukan perbuatan tertentu seperti dirumuskan dalam undang-undang sebagai delik, melainkan juga orang tersebut ada kesalahan dan kemampuan bertanggung jawab.
Meskipun KUHP merupakan sumber hukum pidana tertulis, tidak secara tegas merumuskan tindak pidana yang dikategorikan sebagai contempt of court, tetapi beberapa pasal relevan untuk diterapkan.
Selengkapnya..

     
CONSUMER NEEDS (Kebutuhan – Kebutuhan Konsumen)
Penulis : Lintang Pamugar Mukti Aji, 2015-09-09, ISSN : 1693-7201, 10 Hal
Di era globalisasi dan pasar bebas, berbagai jenis barang dan jasa dengan ratusan bahkan ribuan merek akan banyak membanjiri pasar-pasar di negara kita.Persaingan antar merk setiap produk akan semakin tajam dalam merebut konsumen. Untuk dapat mengenal, menciptakan dan mempertahankan pelanggan ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan proses pengambilan keputusannya dalam pembelian suatu barang.Untuk mengetahui dan mengenali konsumen, biasanya produsen melakukan pemetakan untuk mengetahui perilaku konsumen. Motivasi konsumen erat kaitannya dengan yang namanya “keinginan”. Tidak perlu bingung dan berdebat panjang memahami mana yang berupa “keinginan” dan mana yang berupa “kebutuhan” konsumen. Sebab keduanya meski berbeda, namun yang jelas, keduanya mendorong terjadinya pembelian oleh konsumen. Dalam hal motivasi pembelian produk, konsumen memiliki kebutuhan akan pengakuan, penghargaan, atau rasa memiliki. Selain itu, persepsi konsumen terhadap kualitas suatu produk juga mungkin akan memberikan kepuasan kepada pelanggan yang kemudian menciptakan minat bagi pelanggan untuk melakukan pembelian ulang (loyalitas) produk tersebut. Full Text: Di sini
Selengkapnya..

     
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT
Penulis : Siti Zulaikhah, 2015-09-09, ISSN : 1693-7201, 16 Hal
This research is aimed to examine the influence of corporate governance mechanism namely managerial ownership, institutional ownership, audit committee meeting, and size of commissioner on earnings management. The sample for the research consists of 52 companies in the manufacturing sector listed in Indonesia Stock Exchange from 2005 until 2007. Data are collected using purposive sampling. The method of analysis use multiple regression. The result show that (1) managerial ownership had significant influence of earnings management, (2) institutionsl ownership, audit committee meeting,and size of commissioner does not have significant influence of earnings management and (3) simultaneously of namely managerial ownership, institutional ownership, audit committee meeting, and size of comm tissioner have significant influence to earnings management.

Keywords : corporate governance mechanism, managerial ownership, institutional ownership, audit committee meeting, size of commissioner, earnings management.
Full Text: Di sini
Selengkapnya..

 
 

  Jenis Akun
  Pengguna
  Sandi
Copyright © UNU Surakarta